Bercerita cita-cita di Cianjur tercinta

Bercerita cita-cita di Cianjur tercinta

email

Ya kurang lebih 16 Agustus lalu, satu hari sebelum hari kemerdekaan RI saya mendapat pemberitahuan tersebut, dan berkesempatan untuk bergabung kembali menjadi relawan Inspirator di Kelas Inspirasi Cianjur yang pertama.

Tepatnya 3 September 2016 hari inspirasi yang dinanti pun hadir di sabtu pagi. Telepon genggamku berdering dikala mataku masih tertutup rapat di pembaringan dan akhirnya terbangunkan. Ku persiapkan diri dan kupanaskan kuda besi yang akan mengantarku ke tempat yang akan aku hampiri untuk hari ini. SDN Cibogo 2, sebuah sekolah di Cianjur, tepatnya di Desa Ciranjang yang memang telah kami datangi sebelumnya untuk bersilaturahmi dengan Kepala Sekolah, Guru, dan sebagian murid yang kala itu ada.

Alhadulilah, ini kesempatan yang ketiga kalinya untuk saya berbagi dan dipertemukan orang-orang hebat lagi kala itu. Bertemu dengan sahabat-sahabat baru yang sama-sama menerjang gelapnya pagi dan menembus lebatnya kabut Cianjur kala itu.

Sampailah disebuah rumah yang nyaman dihuni yaitu Rumah Teh Dini, dengan senyum ibu ramahnya dan sajian sarapan pagi yang mungkin tersedia sengaja untuk kami para tamu (para pemuda kelaparan lupa sarapan pagi).

Untuk beberapa orang mungkin ini moment pertama kami bertemu dan berkenalan, cuman tetap saja merasa sudah dekat karena sebelumnya sudah sering diskusi di sebuah dunia tak nyata (sebut saja whatsapp).

Sesudah sarapan dan berangkat ke tempat tujuan, kami temukan sudah banyak relawan, fasilitator dari kelompok lainnya dan juga para adik-adik manis yang siap menyambut kami dikelas nanti. Sebagian terlihat memasang atribut di lapangan upacara, berdiskusi dengan relawan lainnya, dan ngopi sambil ngemil di mamang gorengan depan (si dokumenter kece). Hingga tak terasa tepatlah jam 7 kala itu Apel pembukaan Kelas Inspirasi Cianjur cabang SDN Cibogo 1,2 dan 3 dimulai dengan sang teteh MC maju kedepan, sedikit penjelasan dari kang Galih ketua kelompok paling kece dan perwakilan sambutan dari salah satu Kepala Sekolah, dan ditutup dengan suara sirine pertanda Kelas Inspirasi mulai kita *aheuy kan.

Khusus untuk para relawan SDN Cibogo 2 sebelum masuk kelas ada sesi perkenalan dahulu di depan kelas agar para adik-adik tahu sebelumnya akang teteh kecenya kala itu, pokoknya adeudeuh para relawan nya, walaupun kebanyakan relawan baru pertama ikut Kelas Inspirasi namun pokoknya udah aheuy aja keliatannya teh.

Banyak dan sungguh beragam profesi yang akan diperkenalkan pada hari itu, dengan beragam cara pula yang menghadirkan gelak tawa dan antusias di wajah para adik-adik manis.

Staff Tata Usaha
Network Engineer
Junior Programmer
Analisis Kimia
Pegawai Lembaga Negara
Staff Rekam Medis
Karyawan BUMN
Staff HRD

Dan jadwal persesi pun tiba, semua relawan masuk ke kelas masing-masing dan mentransfer semua inspirasi serta motivasi pada adik-adik kita di SD tersebut. Banyak canda yang tercipta, banyak ceria yang terasa dan sungguh penuh bahagia karena telah dipertemukan dengan mereka.

Datang ke kelas untuk sama-sama saling belajar melalui interaksi yang terbangun. Terlibat dengan pikiran terbuka, belajar banyak hal baru, tanpa perasaan menggurui, penuh suka cita dan tak lupa saling memberikan apresiasi sesudahnya. (www.kelasinspirasi.org)

Dan masih terngiang quote beliau dahulu ” “Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Anak-anak nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Mereka hanya dibedakan oleh keadaan”. -Anies Baswedan

Siswa, para guru, relawan pengajar dan dokumentator yang selalu berbeda disetiap pertemuannya, sungguh alangkah berharganya moment seperti ini. Ternyata benar di dunia ini masih banyak orang-orang baik seperti mereka dan saya ingin masuk didalamnya. Untuk moment Kelas Inspirasi ini saya ucapkan terima kasih dan semoga dipertemukan di kegiatan positif-positif lainnya.

dadang“Menjadi bagian dari Kelas Inspirasi, adalah salah satu bentuk dari memberi dengan kualitas dan meneruskan kesempatan. Bukanlah “materi” yang diberikan, namun sebuah pengalaman yang merupakan kumpulan dari perjalanan mata, hari, dan hati dari setiap inspirator. Dan saya yakin apa yang mereka sampaikan, akan sampai ke hati dan memberi inspirasi anak-anak ketika mereka bangun di pagi esok hari – Dini Anggiani

Bandung, 16 September 2016
Boksi Suryani

mm
Written by
Boksi Suryani
Join the discussion

Boksi Suryani

⛰️ 6°46’36.5″S 107°35’02.9″E
✍️ Author #BoksiStory
👥 Co-Founder @cleo.outdoor
👣 Owner @lnx.gear