Rendah Menanjak Gunung Manglayang

Rendah Menanjak Gunung Manglayang

Catatan Pendakian dahulu, maen ke kota sebrang yaitu sumedang, berkisah dan bercerita diantara senja dan kisah manis penghela keheningan. (sumber)

Bergelut dengan dunia pergunungan emang aneh dan gak tau gimana, yang jelas hobi dan seneng yang namanya naek gunung tuh, apalagi kalau sampai membuat orang lain minat dan ingin juga naik gunung, teringat dimasa saat orang-orang liburan idul adha panjang yang dipakai orang beristirahat dan orang yang lebih greget menghabiskan waktunya dengan “NAEK GUNUNG”.

27 Oktober 2012 (Kalau gak salah) memang udah rencana mau naik (lagi) ke gunung yang berpuncak indah ini, dan mungkin bisa dibilang “Teropong Kota Jatinangor”. Puja Rana dan Gita Eda Fitria yang dari cipeundeuy dan Muhammad Ridwan teman seperhimpunan yang emang berlatar belakang sama (tukang ngaprak dileuweung). Bermulai di Universitas Padjajaran Jatinangor tempat pemberhentian bus DAMRI di Jatinangor, mulai mendaki dengan panasnya terik kota Jatinangor dan berhenti untuk mendapatkan tempat yang “Iyuwwwh”

384838_416556205064947_1089086735_nTerlihat dari jauh dan begitu megah gunung Manglayang, dengan awan-awan menghiasi dan membalut dengan begitu indahnya #syukuri ciptaan tuhan. Dimulai dari desa kiara payung dan mulai mendaki dari bukit perkemahan batu beureum kami istirahat, sholat dan mulai mendaki kembali.

Detik demi detik, menit demi menit tak terasa berjalan terus tanpa henti hingga akhirnya pun sampai dipuncak bayangan gunung manglayang, kami membuat tenda camp disana dan beristirahat untuk kesekian kalinya disana, dan merasakan kembali yang bisa dibilang “Senja Puncak Manglayang”.

Rintikan hujan menemani malam kami, disoroti sinar bulan manglayang dan obrolan-obrolan kecil penghangat hati dan penghilang cape saat pendakian. Dan dengan segelas kopi hangat ini saya katakan “Sempurna”.

Shubuh pun tiba setelah kami istirahat, tidak ada tempat wudhu hanya ada air botolan yang dibawa dari bawah, tidak ada masjid yang indah nan megah hanya ada lapangan sekedarnya dipuncak gunung, shola kewajiban harus terlaksana tanpa ditinggalkan. Dan menjadikan saat itu ialah hal yang paling indah dan nikmat dengan perasaan bercengkrama sesama ciptaan-Nya.

Bangun dari tenda, menikmati udara yang berbeda dengan kemarin, lebih sejuk,lebih indah dan lebih beda seperti biasanya.

#KuCeritakanPagiIni
Bangun pagi
Seperti biasa menyongsong matahari
nikmati udara dan melepaskan kerinduan dalam hati
bersama teman dan saudara sejati dan sehati

Seperti biasa masak makan dan menikmati puncak Manglayang untuk terakhir kalinya sebelum turun, tapi Saya dan Puja berencana mau lanjut sebentar ke puncak 1 (soalna can pernah) diperkirakan perjalanan setengah jam lagi, dan setelah dirasakan hanya 15 menit mendaki dengan berjalan tanpa henti dan sedikit berlari (meh gancang nepi).

Suasana puncak 1 sangat tertutup tak banyak pemandangan, hanya ada 1 kuburan (gak tau benar apa enggak) bertemu dengan pendaki lain, walaupun tak kenal bagai sangat dekat sekali.

Beristirahat sebentar dan sekitar 15 menit lagi mulai turun kembali dan menyusul Ridwan dan Teh Gita untuk melanjutkan perjalanan kembali turun ke kaki gunung.

409080_416554535065114_1045856931_nKembali turun dan kembali melewati desa kiara payung sedikit bersih-bersih dan mulai kembali untuk menuju Universitas Padjajaran untuk naik bus Damri menuju bandung ke rumah.
Kembali ke rutinitas semula, kota Cimahi, SMK Negeri 1 Cimahi, belajar dan menjalani harus dalam hal yang luar biasa kembali ke hal yang biasa dan bisa menjadi luar biasa. Terima Kasih mamang Ridwan, Pujja Rana, dan Teh Gita Eda Fitria, Ditunggu di penjelajahan berikutnya,

Boksi Suryani
Mt.Manglayang 27-28 Oktober 2012

mm
Written by
Boksi Suryani
Join the discussion

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Boksi Suryani

⛰️ 6°46’36.5″S 107°35’02.9″E
✍️ Author #BoksiStory
👥 Co-Founder @cleo.outdoor
👣 Owner @lnx.gear